Minggu, 28 Februari 2010

Analisis Keunggulan dan Kelemahan Produk Minuman PT. Ultrajaya

Kekuatan utama PT Ultrajaya terletak pada visi pemasaran yang terfokus – terus menerus membangun merek yang kuat dan memerlebar ragam produk makanan dan minuman untuk memenuhi kebutuhan konsumen Indonesia.

Untuk melaksanakan hal ini, PT Ultrajaya telah melakukan investasi yang signifikan dalam aktivitas pemasaran, teknologi, pengembangan produk dan yang paling penting, distribusi.

Perusahaan ini termasuk salah satu perusahaan di Indonesia yang memiliki jaringan distribusi yang paling luas, mencakup seluruh daerah Indonesia, mulai dari Sumatera di ujung Barat hingga Papua di ujung Timur. Hal ini dapat dicapai oleh adanya sistem distribusi yang terdiri dari 2,500 grosir yang bersama-sama melayani lebih dari 25,000 toko ritel (toko moderen dan tradisional), hotel dan pelanggan komersial.

Jaringan distribusi ini juga didukung oleh jaringan penjualan PT Ultrajaya yang terdiri dari lebih 300 tenaga penjual, lebih dari 100 kendaraan, serta 9 depo dan kantor cabang di kota-kota besar, ditambah lagi oleh beberapa distributor lokal.

Pasar utama PT Ultrajaya adalah Indonesia dengan populasi 200 juta orang yang memiliki tingkat daya beli yang meningkat. Pasar domestik mencapai 90 persen dari total produksi perusahaan ini. Namun sejak 1988, perusahaan ini mulai aktif memasuki pasar ekspor ke negara-negara tertentu.


Sebagai pemimpin pasar, PT Ultrajaya selalu berusaha untuk tetap berada di baris terdepan untuk kegiatan penelitian, pengembangan dan pengawasan mutu. Melalui penelitian yang berkesinambungan terhadap kebutuhan pasar dan perubahan permintaan konsumen, perusahaan ini telah mengembangkan produk-produk baru yang mampu memertahankan posisinya sebagai pemimpin pasar dengan cepat dan sebagai hasilnya, perusahaan ini sudah mengembangkan jumlah ragam produknya dari produk tunggal pada tahun 1975 menjadi lebih 60 produk saat ini – yang mana sebagian besar adalah pemimpin pasar.

PT Ultrajaya sangat bertekad penuh akan kualitas produk. Mulai dari bahan baku hingga produk jadi, sistem pengawasan mutu dijalankan dengan ketat, tidak hanya pada produknya saja, tapi juga pada proses produksi dan penyimpanannya.

Di samping itu, mengingat sebagian besar konsumen Indonesia beragama Islam, kami pun bertekad bulat memenuhi semua persyaratan kualitas produk Halal. Semua produk PT Ultrajaya sudah mendapatkan Sertifikat Halal yang resmi dikeluarkan oleh MUI (Majelis Ulama Indonesia).

Keseluruhan sistem kualitas PT Ultrajaya ini telah mendapatkan reputasi terbaik dari semua konsumen.

TEKNOLOGI
Untuk menggambarkan tekad kami terhadap penggunaan teknologi yang paling mutakhir di industri ini, PT Ultrajaya telah melakukan investasi yang sangat besar dalam sistem pengolahan dan pengemasannya. Pabriknya yang serba otomatis diakui sebagai salah satu mesin pengolahan makanan dan minuman yang paling canggih di Indonesia. Mesin yang paling moderen dan berteknologi canggih ini digunakan untuk memertahankan kesegaran dan nilai gizi dari bahan baku yang sudah terpilih untuk menghasilkan produk berkualitas terbaik bagi konsumen.

PT Ultrajaya yang pertama kali menggunakan teknologi UHT (Ultra High Temperature) dan pengemasan aseptik di Indonesia untuk memroduksi produk yang dapat disimpan dalam jangka waktu panjang. Pengalamannya di bidang ini telah mencapai lebih dari 3 dekade dan memberikan posisi kuat sebagai pemimpin pasar di industri ini. PT Ultrajaya saat ini merupakan salah satu produsen terbesar produk-produk UHT di Asia Pasifik dengan total kapasitas produksi mencapai lebih dari 100 juta liter setiap tahun.

Sejak bahan baku mulai diproses secara otomatis hingga produk jadi siap meninggalkan gudang penyimpanan di PT Ultrajaya, tidak ada kontak langsung dengan tangan manusia yang menjamin bahwa kondisi higienis tetap dapat dipertahankan selama proses produksi.
Yang lebih penting lagi, di pabrik PT Ultrajaya kami melakukan serangkaian uji laboratorium yang lengkap dan ketat mulai dari bahan baku hingga produk jadi, untuk memastikan standar kualitas yang kami inginkan – untuk memerbaiki kualitas kesehatan konsumen - dapat dicapai secara konsisten.


Produksi yang dilakukan PT Ultrajaya
1. Sistem sterilisasi UHT dan Pengendalian Mutu
- Produksi minuman diolah dengan metode sterilisasi berteknologi tinggi yang selanjutnya dikemas dalam kemasan karton aseptic yang steril
- Pengawasan mutu dilakukan sejak penerimaan bahan baku, selama proses produksi, selama penyimpanan di gudang, samapai pengiriman barang jadi
- Gudang yang dilengkapi dengan Automated Stroge dan Retrieval System yang dioperasikan sepenuhnya dengan sistem computer dan robot
2. Penelitian dan Pengembangan
- Melakukan penelitian yang berkesinambungan mengenai aspirasi dan animo pasar
- Melakukan diversifikasi & pengembangan produk untuk mempertahankan pangsa pasar
- Melakukan penerapan strategic pemasaran yang tepat serta penerapan teknik distribusi yang efisien dan tepat sasaran


PROSES PRODUKSI untuk MILK
Susu segar diproses melalui sterilisasi UHT (Ultra High Temperature), di mana susu tersebut dipanaskan pada suhu 140oC selama 4 detik untuk mematikan semua bakteri. Waktu pemanasan yang paling singkat tersebut memastikan tingkat kerusakan gizi dan kesegaran susunya paling sedikit,

Setelah susu diproses secara aseptik (bebas bakteri), lalu dikemas dengan kemasan aseptik 6 lapis. Kemasan ini terdiri dari plastik polietilen yang aman untuk makanan, kertas dan lapisan aluminium untuk melindungi susu dari sinar matahari, udara dan bakteri udara luar.

Paduan sempurna antara proses sterilisasi UHT dan kemasan aseptik menjamin susu Ultra dapat disimpan lebih lama tanpa bahan pengawet. Produk ini telah mendapat Sertifikat Halal yang dikeluarkan oleh MUI (Majelis Ulama Indonesia)

PENYIMPANAN DAN MASA KADALUARSA Sebelum kemasan dibuka:
Susu Ultra dapat disimpan pada suhu ruang, tidak perlu dikulkas. Masa Kadaluarsa 10 bulan.
Produk ini sebaiknya disimpan pada tempat kering, bersih dan sejuk.
Setelah kemasan dibuka:
Kemasan harus segera ditutup rapat dan disimpan dalam kulkas dengan suhu 4oC.
Sisa isi dalam kemasan harus dihabiskan dalam waktu 7 hari. Namun tetap disarankan untuk langsung dihabiskan begitu kemasan sudah dibuka untuk menjamin konsumen mendapatkan kesegaran susu yang terbaik.


PROSES PRODUKSI untuk TEH KOTAK
Setelah daun teh diseduh dan dicampur dengan gula pasir, lalu diproses dengan sterilisasi UHT (Ultra High Temperature), di mana minuman teh dipanaskan pada suhu tinggi 120oC selama 4 detik saja untuk mematikan semua bakteri. Waktu pemanasan yang sangat singkat ini memastikan tingkat kehilangan kesegaran dan aroma tehnya paling sedikit.

Setelah minuman teh diproses secara aseptik (bebas bakteri), lalu segera dikemas dengan kemasan aseptik 6 lapis. Kemasan ini terdiri dari plastik polietilen yang aman untuk makanan, kertas dan lapisan aluminium untuk melindungi minuman teh dari sinar matahari, udara dan bakteri udara luar.

Paduan sempurna antara proses sterilisasi UHT dan kemasan aseptik menjamin Teh Kotak Jasmin dapat disimpan lebih lama tanpa bahan pengawet. Produk ini telah mendapat Sertifikat Halal yang dikeluarkan oleh MUI (Majelis Ulama Indonesia)

PENYIMPANAN DAN MASA KADALUARSA
Sebelum kemasan dibuka:
Teh Kotak Jasmin dapat disimpan pada suhu ruang, tidak perlu dikulkas. Masa Kadaluarsa 10 bulan.
Produk ini sebaiknya disimpan pada tempat kering, bersih dan sejuk.

Setelah kemasan dibuka:
Kemasan harus segera ditutup rapat dan disimpan dalam kulkas dengan suhu 4oC.
Sisa isi dalam kemasan harus dihabiskan dalam waktu 7 hari. Namun tetap disarankan untuk langsung dihabiskan begitu kemasan sudah dibuka untuk menjamin konsumen mendapatkan kesegaran teh yang terbaik.

Analisis yang saya lakukan terhadap data yang saya peroleh yaitu :

1. Keunggulan dari produk minuman yang diproduksi diantaranya : lebih steril di dalam pengepakan produk, bahan baku yang digunakan lebih fresh, menggunakan teknologi yang lebih canggih dengan sistem robot,adapun setelah susu diproses dilakukan secara aseptik (bebas bakteri), rasa dari teh ataupun susunya terasa lebih segar untuk diminum,kemasan yang digunakan dapat di daur ulang,tidak terdapat dalam bentuk botolan, harga terjangkau.

2. Kelemahan dari produk minuman yang di produksi diantaranya : tidak terdapat dalam kemasan botol atau beling, untuk jenis produksi teh kotak belum terdapat dalam ukuran yang lebih besar, kurang seger jika disajikan tidak dingin, tampilan untuk ultramilk masih kurang menarik, dibanding produk lain yang sejenis kualitas rasa teh dengan buah-buahan masih kurang enak untuk dirasakan, kemasan untuk teh kotak yang berasa buah masih kurang menarik tampilannya.

Kamis, 25 Februari 2010

cuaca jakarta saat ini

jakarta saat ini sudah tidak menentu cuacanya. Musim panas jadi hujan sebaliknya musim hujan jadi musim panas. Ini semua terjadi karena pemanasan global yang terjadi belaknagn ini di beberapa negara termasuk indonesia. Memang sangat disayangkan harus terjadi seperti ini di negara yang sangat kita cintai ini karna banyak sekali efek dari pemanasan global yang kita rasakan saat ini. Coba dari awal kita dapat menjaga negara kita ini seperti kita menyayangi diri sendiri dan lebih peduli pada lingkungan sekitar. Kesadaran kita akan kebersihan lingkungan menjadi hal yang paling penting untuk kebersihan udara yang ada.

Jakarta saat ini sudah mulai padat akan penduduknya, gedung-gedung tinggi, pasar swalayan, perumahan mewah dan juga kendaraan yang melintas di jakarta. Semakin banyak penduduk yang tinggal di jakarta maka makin banyak pula kebutuhan yang diperlukan oleh masyarakat dan mereka makin tidak peduli dengn apa yang akan timbul dari pemakaian kebutuhan yang diperlukan. Entah ini kesalahan pemerintah dalam menanggulangi padatnya penduduk yang ada di jakarta atau memang masyarakatnya yang bandel dengan tidak menaati peraturan pemerintah. Seharusnya pemerintah sadar akan hal ini, mulai dari kendaraan umum yang mengeluarkan asap tebal berwarna hitam yang dapat mengganggu pernafasan dan menimbulkan polusi udara yang sangat luar biasa. Bukan hanya asap kendaraan umum yang dapat menyebabkan polusi tpi masih banyak lgi yang lain yang dapat dijadikan contoh seperti penebangan liar di hutan, buang sampah sembarangan, buang limbah ke kali, pembangunan rumah di pinggir kali jakarta.


ohhh...jakarta ku...coba saja masyarakat sadar akan hal ini semua pasti jakarta gak akan sesumpek sekarang dan gak akan terjadi banjir lagi. Sangat disayangkan banget jakarta sekarang ini. Saat ini jakarta yang menjadi ibukota negara Indonesia terkena banjir yang sangat parah. Banyak penyebab jakarta bisa menjadi sekarang ini, mulai dari penyempitan sungai-sungai yang disebabkan adanya pembangunan liar yang ada di pinggiran sungai, pembuangan limbah industri ke sungai, dan kurangnya kesadaran masyarakat untuk tidak membuang sampah sekecil apapun ke sungai.

Pemerintah dan masyarakat seharusnya bisa bekerja sama dalam menjaga kota jakarta yang kita cintai ini. Mulai adanya penyuluhan untuk tidak membuang samapah ke sungai dan penggunaan daur ulang dari samapah yang dibuang agar samapah yang ada tidak terlalu banyak menumpuk. Tidak hanya itu, penggusuran di lakukan secara perlahan untuk rumah-rumah liar yang ada di bantaran sungai dan pemerintah harus lebih tegas untuk memberikan sanksi untuk para industri yang membuang limbah ke sungai.

Saya berharap, Jakarta bisa menjadi kota yang dapat dicontoh oleh kota-kota yang ada di indonesia. Bukan karna kemajuan teknologinya tetapi juga karna kebersihan lingkungannya dan tata kota yang dibangun di jakarta. Semoga Jakarta bisa menjadi lebih baik lagi dengan kebijakan pemerintahnya yang lebih tegas dan kesadaran masyarakat akan pentingnnya kebersihan.

Sabtu, 20 Februari 2010

Visi Dan Misi PT.Ultra Jaya Milk Industry Tbk

SEKILAS TENTANG PT.ULTRAJAYA MILK INDUSTRY


Kisah PT Ultrajaya diawali dari sebuah perusahaan susu yang kecil pada tahun 1958. Lalu pada tahun 1971, perusahaan ini memasuki tahap pertumbuhan pesat sejalan dengan perubahannya menjadi PT Ultrajaya Milk Industry & Trading Company.
PT Ultrajaya saat ini merupakan perusahaan pertama dan terbesar di Indonesia yang menghasilkan produk-produk susu, minuman dan makanan dalam kemasan aseptik yang tahan lama dengan merek-merek terkenal seperti Ultra Milk untuk produk susu, Buavita untuk jus buah segar dan Teh Kotak untuk minuman teh segar.
Lokasi pabriknya terletak sangat strategis di pusat daerah pedalaman pertanian Bandung yang menyediakan sumberdaya alam yang melimpah, segar dan berkualitas, mulai dari susu segar, daun teh hingga buah-buahan tropis.
Kesegaran bahan baku ini dan kualitas gizi alaminya dapat dipertahankan melalui teknologi proses UHT (Ultra High Temperature) dan pengemasan aseptik tanpa menggunakan bahan pengawet apapun.
Saat ini, 90 persen dari keseluruhan hasil produksi perusahaan ini dipasarkan di seluruh Indonesia, sementara sisanya diekspor ke negara-negara di Asia, Eropa, Timur Tengah, Australia dan Amerika Serikat. Baik untuk pasar dalam negeri maupun ekspor, produk-produk yang dijual adalah produk yang sejenis.
PT Ultrajaya adalah perusahaan pertama dan terbesar di Indonesia yang menghasilkan produk-produk susu, minuman dan makanan dalam kemasan aseptik yang tahan lama.

VISI DAN MISI

VISI
“Menjadi perusahaan industri makanan dan minuman yang terbaik dan terbesar di Indonesia, dengan senantiasa mengutamakan kepuasan konsumen, dan menjungjung tinggi kepercayaan para pemegang saham serta mitra kerja perusahaan.”

MISI
“Menjalankan usaha yang dilandasi dengan kepekaan yang tinggi untuk senantiasa berorientasi kepada pasar atau konsumen, dan kepekaan serta kepedulian untuk senantiasa memperhatikan lingkungan yang dilakukan secara optimal agar dapat memberikan nilai tambah sebagai wujud pertanggung jawaban kepada pemegang saham.”

TEH KOTAK



KUALITAS/MANFAAT
Mengonsumsi Teh Kotak Jasmin adalah cara menikmati teh siap minum yang praktis, setiap saat dan di mana pun berada. Produk ini dibuat hanya dari daun teh pilihan yang diambil dari dataran tinggi perkebunan teh yang dicampur dengan bunga Jasmin. Produk ini bisa langsung dinikmati sebagai minuman teh yang menyegarkan.

PEMAKAIAN
- Sangat baik untuk diminum dingin atau suhu biasa setiap hari.
- Produk ini disarankan untuk konsumen berusia di atas 1 tahun.

ULTRA MILK



KUALITAS/MANFAAT
Susu segar berkualitas tinggi mengandung manfaat alami dan seimbang dari protein, karbohidrat, vitamin, mineral seperti Kalsium, Magnesium, Fosfor, dan dicampur dengan gula dan bahan baku lainnya seperti bubuk coklat, sari buah stroberi atau bubuk kopi. sehingga menjadikan susu sebagai makanan yang lengkap. Susu segar mengandung semua gizi penting yang dibutuhkan anak-anak dan juga dewasa.

PEMAKAIAN
- Sangat baik untuk diminum setiap hari. Juga cocok untuk masakan dan kue.
- Produk ini disarankan untuk anak-anak berusia di atas 1 tahun, remaja, maupun dewasa.


bagi saya sendiri...sebagai penikmat TEH KOTAK, kualitas rasa yang diberikan lebih enak dibandingkan produk teh yang lainnya... produk lain yang terkadang terasa lebih pait rasa tehnya dan hanya mengandalkan brand saja...
tapi bagi saya, TEH KOTAK tetap minuman teh yang enak untuk dikomsumsi dan praktis kemasan dan isinya pun lebih banyak...selain itu harganyapun terjangkau untuk kalangan mahasiswa seperti saya....

mmmm...saya sarankan cobalah teh kotak produksi pt ultra jaya...