Sabtu, 27 Maret 2010

ANALISIS M. PORTER

Suatu industri berbeda antara satu dan lainnya didasarkan atas karakteristik ekonomi (produk yang dihasilkan dan konsumen yang diperebutkan), situasi persaingan, dan prospek perkembangan nya di masa datang.


Kerangka tentang analisis industri dan persaingan secara singkat dapat di formulasikan ke dalam bentuk beberapa pertanyaan sebagai berikut;

  1. Apa karakteristik ekonomi yang berpengaruh dalam suatu industri tertentu
  2. Apa faktor yang mempengaruhi kendali perubahan dalam suatu industri dan apa dampak dari masing masing kekuatan pendorong tersebut
  3. Kekuatan persaingan apa yang cukup dominan berpengaruh dalam suatu industri
  4. Jenis industri apa yang mempunyai posisi persaingan dominan dan yang tidak
  5. Bagaimana prospek dari msing masing jenis industri potensial di masa datang

Walaupun kekuatan persaingan dalam suatu industri tidak persis sama, namun secara umum , persaingan dalam suatu industri terbentuk dari lima kekuatan pembentuk persaingan. Dapat dilihat dari bagan yang diambil dari M. Porter :

  1. Persaingan berdasarkan substitusi merupakan persaingan dari produk pesaing dari PT Ultrajaya. Strategi yang dilakukan pada PT Ultrajaya adalah penciptaan nilai tambah bagi pelanggan melalui pembaharuan kemasan, peningkatan layanan, meyakinkan dan memberikan keamanan produk – produk PT Ultrajaya kepada pelanggan.
  2. Untuk pembeli, diumumkan untuk semua kalangan namun khususnya lebih kepada para anak-anak dan remaja. Apalagi untuk produk minuman Teh Kotak, banyak sekali para remaja dan anak-anak yang mengkonsumsi teh.
  3. Pemasok untuk PT Ultrajaya dimulai dari bahan baku untuk proses produksi hingga para investor yang menanakan modalnya di perusahaan ini.
  4. Pendatang baru bagi PT Ultrajaya khususnya untuk minuman sejenis produk Teh Kotak saat ini ada banyak seperti nu green tea, teh gelas, mountea. Karena itu diperlukan lebih banyak promosi dan penentuan harga agar produk Teh Kotak dapat tetap bertahan di pasaran walaupun sudah datang banyak pesaiang sejenis.
  5. Persaingan antar penjual dalam satu industri minuman berjenis teh sangatlah menjadi sebuah tantangan untuk PT Ultrajaya dalam memajukan usahanya dan tidak mengalami kemunduran di dalam melakukan produksi. PT Ultrajaya dituntut mampu bersaing dengan para kompetitor domestik maupun internasional dengan strategi improvement layanan kepada para customer yang ada.








Sabtu, 13 Maret 2010

ANALISIS SWOT


  • PELUANG/KESEMPATAN DI DALAM PASAR


Tim manajemen kami memiliki tekad penuh untuk selalu berkembang seiring dengan perkembangan teknologi makanan dan minuman, agar tetap dapat memberikan produk-produk baru yang inovatif untuk memuaskan permintaan konsumen sekaligus membangun merek yang kuat, untuk menjamin pertumbuhan jangka panjang.

Oleh karena itu, salah satu strategi manajemen PT Ultrajaya adalah mengembangkan dan memertahankan sumberdaya manusia yang sangat terampil.

Perusahaan ini memiliki karyawan sebanyak 1,100 orang – terdiri dari tim manajemen, pabrik, tenaga penjualan dan pemasaran – memiliki motivasi kerja yang sangat tinggi dan berpengalaman di bidangnya.

PT Ultrajaya mempunyai rencana pengembangan karyawan yang lengkap mencakup pelatihan keterampilan, kesempatan karir dan program pensiun untuk karyawan yang memasuki masa pensiun. Pada saat yang sama, perusahaan ini juga selalu melakukan program penerimaan karyawan untuk memertahankan sumberdaya manusia yang profesional dan produktif.

Industri makanan dan minuman di Indonesia memiliki harapan yang sangat positif. Negara ini memiliki populasi besar dan mengalami pertumbuhan ekonomi yang luar biasa. Meningkatnya daya beli konsumen telah membuat produk-produk makanan menjadi lebih terjangkau oleh masyarakat luas. Sebagai perusahaan makanan dan minuman yang terkemuka di Indonesia, PT Ultrajaya berada pada posisi yang sangat menguntungkan dengan kondisi tersebut.

PT Ultrajaya mengalami kesuksesan terus menerus sebagai hasil dari strategi yang dilakukan agar dapat tumbuh terus dan keragaman produknya yang diterima baik oleh konsumen Indonesia. Dengan keunggulan posisi perusahaan sebagai pemimpin pasar, peluncuran produk-produk baru untuk mengisi celah pasar yang ada, dan tekad bulat kami terhadap kualitas terbaik, akan memastikan bahwa kami dapat meraih pangsa pasar yang lebih besar di Indonesia di masa mendatang.

Terlihat dari kinerja pada PT Ultrajaya, banyak terdapat kesempatan ataupun peluang yang dapat diberikan kepada konsumen yang tetap setia mengkonsumsi produk-produk yang dihasilkan PT Ultrajaya. Maka dapat dipastikan bahwa PT Ultrajaya dapat mengambil kesempatan dan peluang-peluang yang ada di pasar dengan mengeluarkan jenis produk baru yang lebih berkualitas dan dapat bersaing dengan produk lainnya dengan mengeluarkan inovasi-inovasi baru yang dapat menyaingi perusahaan lain.


  • ANCAMAN DI PASAR

Beberapa perusahaan mengeluarkan produk-produk yang menjadi ancaman produk dari PT Ultrajaya sendiri. Produk-produk yang menjadi ancaman tersebut berinovasi sehingga diprediksi akan lebih menarik minat konsumen.
Perusahaan sejenis yang merupakan pesaing PT Ultrajaya untuk produk Teh Kotak, antara lain:
1. Teh Botol
2. Nu Green Tea
3. Fresh Tea
4. Fruit tea
5. Joy Tea


Selain itu dari pihak luarpun bisa menjadi ancaman selain perusahaan sejenis. Sebagai contoh dari pihak iklim yang dapat membuat tumbuhan teh menjadi tidak bagus panennya, namun ancaman itu semua dapat dihindari jika dari perusahaan melakukan banyak upaya untuk menjaga kualitas produk yang dihasilkan terutama untuk minuman berbahan dasar teh. Contoh lain dapat kita misalkan dari pihak tenaga kerja dan kerja mesin, kedua hal itu sangatlah penting dan bisa menjadi ancaman jika keduanya tidak saling berkesinambungan.




data ini di dapat dari PT Ultrajaya dan dianalisis oleh penulis.